Informasi Terbaru

recentposts

    Puisi Lama - Gurindam

    GURINDAM
    Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari Tamil (India)

    CIRI-CIRI GURINDAM:
    a. Sajak akhir berirama a – a ; b – b; c – c dst.
    b. Berasal dari Tamil (India)
    c. Isinya merupakan nasihat yang cukup jelas yakni menjelaskan atau menampilkan suatui sebab akibat.

    Contoh :
    Kurang pikir kurang siasat (a)
    Tentu dirimu akan tersesat (a)

    Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )
    Bagai rumah tiada bertiang ( b )

    Jika suami tiada berhati lurus ( c )
    Istri pun kelak menjadi kurus ( c )

    Gurindam 12 merupakan puisi, hasil karya Raja Ali Haji seorang sastrawan dan Pahlawan Nasional dari Pulau Penyengat, Provinsi Kepulauan Riau.

    Gurindam I
    Ini gurindam pasal yang pertama

    Barang siapa tiada memegang agama,
    sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama. 

    Barang siapa mengenal yang empat,
    maka ia itulah orang ma'rifat. 

    Barang siapa mengenal Allah,
    suruh dan tegahnya tiada ia menyalah.

    Barang siapa mengenal diri,
    maka telah mengenal akan Tuhan yang bahari.

    Barang siapa mengenal dunia,
    tahulah ia barang yang terpedaya.

    Barang siapa mengenal akhirat,
    tahulah ia dunia melarat.


    Gurindam II
    Ini gurindam pasal yang kedua

    Barang siapa mengenal yang tersebut,
    tahulah ia makna takut.

    Barang siapa meninggalkan sembahyang,
    seperti rumah tiada bertiang.

    Barang siapa meninggalkan puasa,
    tidaklah mendapat dua temasya.

    Barang siapa meninggalkan zakat,
    tiadalah hartanya beroleh berkat.

    Barang siapa meninggalkan haji,
    tiadalah ia menyempurnakan janji.


    Gurindam III
    Ini gurindam pasal yang ketiga

    Apabila terpelihara mata,
    sedikitlah cita-cita.

    Apabila terpelihara kuping,
    khabar yang jahat tiadalah damping.


    Apabila terpelihara lidah,
    nescaya dapat daripadanya faedah.


    Bersungguh-sungguh engkau memeliharakan tangan,
    daripada segala berat dan ringan.


    Apabila perut terlalu penuh,
    keluarlah fi'il yang tiada senonoh.


    Anggota tengah hendaklah ingat,
    di situlah banyak orang yang hilang semangat.


    Hendaklah peliharakan kaki,
    daripada berjalan yang membawa rugi.



    Gurindam IV
    Ini gurindam pasal yang keempat

    Hati kerajaan di dalam tubuh,
    jikalau zalim segala anggota pun roboh.

    Apabila dengki sudah bertanah,
    datanglah daripadanya beberapa anak panah.


    Mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
    di situlah banyak orang yang tergelincir.


    Pekerjaan marah jangan dibela,
    nanti hilang akal di kepala.


    Jika sedikitpun berbuat bohong,
    boleh diumpamakan mulutnya itu pekong.


    Tanda orang yang amat celaka,
    aib dirinya tiada ia sangka.


    Bakhil jangan diberi singgah,
    itupun perampok yang amat gagah.


    Barang siapa yang sudah besar,
    janganlah kelakuannya membuat kasar.


    Barang siapa perkataan kotor,
    mulutnya itu umpama ketur.


    Di mana tahu salah diri,
    jika tidak orang lain yang berperi.


    Gurindam V
    Ini gurindam pasal yang kelima

    Jika hendak mengenal orang berbangsa,
    lihat kepada budi dan bahasa.

    Jika hendak mengenal orang yang berbahagia,
    sangat memeliharakan yang sia-sia.


    Jika hendak mengenal orang mulia,
    lihatlah kepada kelakuan dia.


    Jika hendak mengenal orang yang berilmu,
    bertanya dan belajar tiadalah jemu.


    Jika hendak mengenal orang yang berakal,
    di dalam dunia mengambil bekal.


    Jika hendak mengenal orang yang baik perangai,
    lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai.


    Gurindam VI
    Ini gurindam pasal yang keenam

    Cahari olehmu akan sahabat,
    yang boleh dijadikan obat.

    Cahari olehmu akan guru,
    yang boleh tahukan tiap seteru.


    Cahari olehmu akan isteri,
    yang boleh menyerahkan diri.


    Cahari olehmu akan kawan,
    pilih segala orang yang setiawan.


    Cahari olehmu akan abdi,
    yang ada baik sedikit budi,


    Gurindam VII
    Ini Gurindam pasal yang ketujuh

    Apabila banyak berkata-kata,
    di situlah jalan masuk dusta.

    Apabila banyak berlebih-lebihan suka,
    itulah tanda hampir duka.


    Apabila kita kurang siasat,
    itulah tanda pekerjaan hendak sesat.


    Apabila anak tidak dilatih,
    jika besar bapanya letih.


    Apabila banyak mencela orang,
    itulah tanda dirinya kurang.


    Apabila orang yang banyak tidur,
    sia-sia sahajalah umur.


    Apabila mendengar akan khabar,
    menerimanya itu hendaklah sabar.


    Apabila menengar akan aduan,
    membicarakannya itu hendaklah cemburuan.


    Apabila perkataan yang lemah-lembut,
    lekaslah segala orang mengikut.


    Apabila perkataan yang amat kasar,
    lekaslah orang sekalian gusar.


    Apabila pekerjaan yang amat benar,
    tidak boleh orang berbuat onar.


    Gurindam VIII
    Ini gurindam pasal yang kedelapan

    Barang siapa khianat akan dirinya,
    apalagi kepada lainnya.

    Kepada dirinya ia aniaya,
    orang itu jangan engkau percaya.


    Lidah yang suka membenarkan dirinya,
    daripada yang lain dapat kesalahannya.


    Daripada memuji diri hendaklah sabar,
    biar pada orang datangnya khabar.


    Orang yang suka menampakkan jasa,
    setengah daripada syirik mengaku kuasa.


    Kejahatan diri sembunyikan,
    kebaikan diri diamkan.


    Keaiban orang jangan dibuka,
    keaiban diri hendaklah sangka.


    Gurindam IX
    Ini gurindam pasal yang kesembilan

    Tahu pekerjaan tak baik, tetapi dikerjakan,
    bukannya manusia yaituiah syaitan.

    Kejahatan seorang perempuan tua,
    itulah iblis punya penggawa.


    Kepada segaia hamba-hamba raja,
    di situlah syaitan tempatnya manja.


    Kebanyakan orang yang muda-muda,
    di situlah syaitan tempat berkuda.


    Perkumpulan laki-laki dengan perempuan,
    di situlah syaitan punya jamuan.


    Adapun orang tua yang hemat,
    syaitan tak suka membuat sahabat.


    Jika orang muda kuat berguru,
    dengan syaitan jadi berseteru.


    Gurindam X
    Ini gurindam pasal yang kesepuluh

    Dengan bapa jangan durhaka,
    supaya Allah tidak murka.

    Dengan ibu hendaklah hormat,
    supaya badan dapat selamat.


    Dengan anak janganlah lalai,
    supaya boleh naik ke tengah balai.


    Dengan isteri dan gundik janganlah alpa,
    supaya kemaluan jangan menerpa.


    Dengan kawan hendaklah adil ,

    supaya tangannya jadi kafill.


    Gurindam XI
    Ini gurindam pasal yang kesebelas

    Hendaklah berjasa,
    kepada yang sebangsa.

    Hendaklah jadi kepala,
    buang perangai yang cela.


    Hendaklah memegang amanat,
    buanglah khianat.


    Hendak marah,
    dahulukan hajat.


    Hendak dimulai,
    jangan melalui.


    Hendak ramai,
    murahkan perangai.
      
    Gurindam XII
    Ini gurindam pasal yang kedua belas

    Raja muafakat dengan menteri,
    seperti kebun berpagarkan duri.

    Betul hati kepada raja,
    tanda jadi sebarang kerja.


    Hukum adil atas rakyat,
    tanda raja beroleh inayat.


    Kasihkan orang yang berilmu,
    tanda rahmat atas dirimu.


    Hormat akan orang yang pandai,
    tanda mengenal kasa dan cindai.


    Ingatkan dirinya mati,
    itulah asal berbuat bakti.


    Akhirat itu terlalu nyata,
    kepada hati yang tidak buta.




    B. MACAM-MACAM PUISI LAMA

    1. MANTRA
    Mantra adalah merupakan puisi tua, keberadaannya dalam masyarakat Melayu pada mulanya bukan sebagai karya sastra, melainkan lebih banyak berkaitan dengan adat dan kepercayaan.
    Contoh:


    Assalammu’alaikum putri satulung besar
    Yang beralun berilir simayang
    Mari kecil, kemari
    Aku menyanggul rambutmu
    Aku membawa sadap gading
    Akan membasuh mukamu

    2.GURINDAM
    Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari Tamil (India)
    CIRI-CIRI GURINDAM:
    a. Sajak akhir berirama a – a ; b – b; c – c dst.
    b. Berasal dari Tamil (India)
    c. Isinya merupakan nasihat yang cukup jelas yakni menjelaskan atau menampilkan suatui sebab akibat.
    Contoh :

    Kurang pikir kurang siasat (a)
    Tentu dirimu akan tersesat (a)

    Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )
    Bagai rumah tiada bertiang ( b )

    Jika suami tiada berhati lurus ( c )
    Istri pun kelak menjadi kurus ( c )
      
    3. SYAIR
    Syair adalah puisi lama yang berasal dari Arab.
    CIRI - CIRI SYAIR :
    a. Setiap bait terdiri dari 4 baris
    b. Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
    c. Bersajak a – a – a – a
    d. Isi semua tidak ada sampiran
    e. Berasal dari Arab
    Contoh :

    Pada zaman dahulu kala (a)
    Tersebutlah sebuah cerita (a)
    Sebuah negeri yang aman sentosa (a)
    Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)

    Negeri bernama Pasir Luhur (a)
    Tanahnya luas lagi subur (a)
    Rakyat teratur hidupnya makmur (a)
    Rukun raharja tiada terukur (a)

    Raja bernama Darmalaksana (a)
    Tampan rupawan elok parasnya (a)
    Adil dan jujur penuh wibawa (a)
    Gagah perkasa tiada tandingnya (a)

    4.PANTUN
    Pantun adalah puisi Melayu asli yang cukup mengakar dan membudaya dalam masyarakat.
    CIRI – CIRI PANTUN :
    1. Setiap bait terdiri 4 baris
    2. Baris 1 dan 2 sebagai sampiran
    3. Baris 3 dan 4 merupakan isi
    4. Bersajak a – b – a – b
    5. Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
    6. Berasal dari Melayu (Indonesia)
    Contoh :

    Ada pepaya ada mentimun (a)
    Ada mangga ada salak (b)
    Daripada duduk melamun (a)
    Mari kita membaca sajak (b)

    MACAM-MACAM PANTUN
    A. DILIHAT DARI BENTUKNYA

    1. PANTUN BIASA
    Pantun biasa sering juga disebut pantun saja.
    Contoh :

    Kalau ada jarum patah
    Jangan dimasukkan ke dalam peti
    Kalau ada kataku yang salah
    Jangan dimasukan ke dalam hati

    2. SELOKA (PANTUN BERKAIT)
    Seloka adalah pantun berkait yang tidak cukup dengan satu bait saja sebab pantun berkait merupakan jalinan atas beberapa bait.
    CIRI-CIRI SELOKA:
    a. Baris kedua dan keempat pada bait pertama dipakai sebagai baris pertama dan ketiga bait kedua.
    b. Baris kedua dan keempat pada bait kedua dipakai sebagai baris pertama dan ketiga bait ketiga
    c. Dan seterusnya
    Contoh :

    Lurus jalan ke Payakumbuh,
    Kayu jati bertimbal jalan
    Di mana hati tak kan rusuh,
    Ibu mati bapak berjalan

    Kayu jati bertimbal jalan,
    Turun angin patahlah dahan
    Ibu mati bapak berjalan,
    Ke mana untung diserahkan

    3. TALIBUN
    Talibun adalah pantun jumlah barisnya lebih dari empat baris, tetapi harus genap misalnya 6, 8, 10 dan seterusnya.
    Jika satu bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran dan tiga isi.
    Jika satiu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat isi.
    Jadi :
    Apabila enam baris sajaknya a – b – c – a – b – c.
    Bila terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a – b – c – d
    Contoh :

    Kalau anak pergi ke pekan
    Yu beli belanak pun beli
    Ikan panjang beli dahulu
    Kalau anak pergi berjalan
    Ibu cari sanak pun cari
    Induk semang cari dahulu

    4. PANTUN KILAT ( KARMINA )
    CIRI-CIRINYA :
    a. Setiap bait terdiri dari 2 baris
    b. Baris pertama merupakan sampiran
    c. Baris kedua merupakan isi
    d. Bersajak a – a
    e. Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
    Contoh :

    Dahulu parang, sekarang besi (a)
    Dahulu sayang sekarang benci (a)

    B. DILIHAT DARI ISINYA

    1. PANTUN ANAK-ANAK
    Contoh :

    Elok rupanya si kumbang jati
    Dibawa itik pulang petang
    Tidak terkata besar hati
    Melihat ibu sudah datang

    2. PANTUN ORANG MUDA
    Contoh :

    Tanam melati di rama-rama
    Ubur-ubur sampingan dua
    Sehidup semati kita bersama
    Satu kubur kelak berdua

    3. PANTUN ORANG TUA
    Contoh :

    Asam kandis asam gelugur
    Kedua asam riang-riang
    Menangis mayat di pintu kubur
    Teringat badan tidak sembahyang

    4. PANTUN JENAKA
    Contoh :

    Elok rupanya pohon belimbing
    Tumbuh dekat pohon mangga
    Elok rupanya berbini sumbing
    Biar marah tertawa juga

    5. PANTUN TEKA-TEKI
    Contoh :

    Kalau puan, puan cemara
    Ambil gelas di dalam peti
    Kalau tuan bijak laksana
    Binatang apa tanduk di kaki


    Puisi Lama

    pantun jenaka
    nonton tv filmnya aci
    sambil nonton makan kuaci
    kalau kakak sudah benci
    tutup pintu lalu kunci

    pantun nasihat
    beli sekayu kainkasa
    cukup diukur dengan lerengnya
    bangsa melayu menjaga bahasa
    lengkap dengan sopan adapnya

    pantun teka-teki
    ada sebiji roda pedati
    bentuknya bulat daripada besi
    bila bermain diikat sekuat hati
    dilempar hidup dipegang mati?

    pantun remaja
    apa guna pasang pelita
    jika dengan sumbunya
    apa guna bermain mata
    kalau tidak dengan sungguhnya

    gurindam
    barang siapa mengenal Allah
    suruh dan tegahnya tiada ia mengalah

    barang siapa mengenal diri
    maka telah mengenal Tuhan yang bahri

    barang siapa mengenal dunia
    tahulah ia barang yang terpedaya

    karmina
    sudah gaharu cendana pula
    sudah tahu masih bertanya pula



    PUISI BARU
    A.MACAM-MACAM PUISI BARU

    1. DISTIKON
    Distikon adalah sanjak 2 seuntai, biasanya bersajak sama.
    Contoh :

    Berkali kita gagal
    Ulangi lagi dan cari akal

    Berkali-kali kita jatuh
    Kembali berdiri jangan mengeluh

    (Or. Mandank)

    2. TERZINA
    Terzina adalah sanjak 3 seuntai.
    Contoh :

    Dalam ribaan bahagia datang
    Tersenyum bagai kencana
    Mengharum bagai cendana

    Dalam bah’gia cinta tiba melayang
    Bersinar bagai matahari
    Mewarna bagaikan sari

    Dari ; Madah Kelana
    Karya : Sanusi Pane

    3. QUATRAIN
    Quatrain adalah sanjak 4 seuntai
    Contoh :

    Mendatang-datang jua
    Kenangan masa lampau
    Menghilang muncul jua
    Yang dulu sinau silau

    Membayang rupa jua
    Adi kanda lama lalu
    Membuat hati jua
    Layu lipu rindu-sendu

    (A.M. Daeng Myala)


    4. QUINT
    Quint adalah sanjak 5 seuntai
    Contoh :

    Hanya Kepada Tuan
    Satu-satu perasaan
    Hanya dapat saya katakan
    Kepada tuan
    Yang pernah merasakan

    Satu-satu kegelisahan
    Yang saya serahkan
    Hanya dapat saya kisahkan
    Kepada tuan
    Yang pernah diresah gelisahkan

    Satu-satu kenyataan
    Yang bisa dirasakan
    Hanya dapat saya nyatakan
    Kepada tuan
    Yang enggan menerima kenyataan

    (Or. Mandank)

    5. SEXTET
    Sextet adalah sanjak 6 seuntai.
    Contoh :

    Merindu Bagia
    Jika hari’lah tengah malam
    Angin berhenti dari bernafas
    Sukma jiwaku rasa tenggelam
    Dalam laut tidak terwatas
    Menangis hati diiris sedih

    (Ipih)

    6. SEPTIMA
    Septima adalah sanjak 7 seuntai.
    Contoh :

    Indonesia Tumpah Darahku
    Duduk di pantai tanah yang permai
    Tempat gelombang pecah berderai
    Berbuih putih di pasir terderai
    Tampaklah pulau di lautan hijau
    Gunung gemunung bagus rupanya
    Ditimpah air mulia tampaknya
    Tumpah darahku Indonesia namanya
    (Muhammad Yamin)


    7. STANZA ( OCTAV )
    Octav adalah sanjak 8 seuntai
    Contoh :

    Awan
    Awan datang melayang perlahan
    Serasa bermimpi, serasa berangan
    Bertambah lama, lupa di diri
    Bertambah halus akhirnya seri
    Dan bentuk menjadi hilang
    Dalam langit biru gemilang
    Demikian jiwaku lenyap sekarang
    Dalam kehidupan teguh tenang

    (Sanusi Pane)

    8. SONETA
    Soneta adalah bentuk kesusasteraan Italia yang lahir sejak kira-kira pertengahan abad ke-13 di kota Florance.

    A. CIRI – CIRI SONETA :
    a. Terdiri atas 14 baris
    b. Terdiri atas 4 bait, yang terdiri atas 2 quatrain dan 2 terzina
    c. Dua quatrain merupakan sampiran dan merupakan satu kesatuan yang disebut octav.
    d. Dua terzina merupakan isi dan merupakan satu kesatuan yang disebut isi yang disebut sextet.
    e. Bagian sampiran biasanya berupa gambaran alam
    f. Sextet berisi curahan atau jawaban atau kesimpulan daripada apa yang dilukiskan dalam ocvtav , jadi sifatnya subyektif.
    g. Peralihan dari octav ke sextet disebut volta
    h. Penambahan baris pada soneta disebut koda.
    i. Jumlah suku kata dalam tiap-tiap baris biasanya antara 9 – 14 suku kata
    j. Rima akhirnya adalah a – b – b – a, a – b – b – a, c – d – c, d – c – d
    Contoh :

    Gembala
    Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )
    Melihat anak berelagu dendang ( b )
    Seorang saja di tengah padang ( b )
    Tiada berbaju buka kepala ( a )

    Beginilah nasib anak gembala ( a )
    Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
    Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
    Pulang ke rumah di senja kala ( a )

    Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
    Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
    Melagukan alam nan molek permai ( a )

    Wahai gembala di segara hijau ( c )
    Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
    Maulah aku menurutkan dikau ( c )

    (Muhammad Yamin)

    B. FUNGSI SONETA
    Pada masa lahirnya, Soneta dipergunakan sebagai alat untuk menyatakan curahan hati.
    Kini tidak terbatas pada curahan hati semata-mata, melainkan perasaan-perasaan yang lebih luas seperti :
    1. Pernyataan rindu pada tanah air
    2. Pergerakan kemajuan kebudayaan
    3. Ilham sukma
    4. Perasaan keagamaan

    C. SONETA DIGEMARI PARA PUJANGGA BARU
    Faktor-faktor Soneta digemari oleh para Pujangga Baru antara lain :
    1. Adanya penyesuaian dengan bentuk pantun ; yakni Octav dalam Soneta yang bersifat obyektif itu hampir sejalan dengan sampiran pada pantun.
    Sedangkan sextet Soneta yang sifatnya subyektif itu merupakan isi pantun.
    2. Baris-baris Soneta yang berjumlah 14 buah itu cukup untuk menyatakan perasaan atau curahan hati penyairnya.
    3. Soneta dapat dipakai untuk menyatakan beraneka ragam perasaan atau curahan hati penyairnya.

    D. PERSAMAAN DAN PERBEDAAN SONETA DENGAN PANTUN
    1. PERSAMAAN SONETA DENGAN PANTUN
    Pantun dan Soneta sama-sama mempunyai sampiran atau pengantar dan isi atau kesimpulan.
    2. PERBEDAAN SONETA DENGAN PANTUN
    a. Soneta puisi asli Italia, Pantun puisi asli Melayu
    b. Satu bait Soneta terdiri terdiri dari 14 baris, satu bait Pantun terdiri atas 4 baris
    c. Soneta berima bebas, pantun berima a-b-a-b

    Puisi Baru
    di kala surya tenggelam
    rahasia hatiku menanti kehadiranmu
    menanti datangnya lagu cinta darimu
    ditemani lilin-lilin kecil
    bersama bintang malam
    kuhanya berharap
    kau menjadi penjaga hati bagiku
    meski ku harus menghitung hari
    menunggu waktu yang dinanti
    meski tak kudapat kesempurnaan itu
    namun ku akan slalu ingat kamu
    dan tak mungkin menghapus jejakmu
    kaulah sesuatu yang beda yang kumiliki
    izinkan aku untuk jadi rahasia hatimu
    aku takut kehilangan dirimu
    kukan slalu menjaga hati ini
    Sumber Tulisan:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Gurindam_12
    http://ngakak.blogdetik.com/puisi-lama-dan-puisi-baru/
    http://bit.ly/idfwyL

    Tidak ada komentar:

    Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Informasi Populer Tahun Ini

    Diberdayakan oleh Blogger.